Fungsi Air Bleeder pada Karburator

Fungsi Air Bleeder pada Karburator

Otomotips.com – Sama seperti bagian kendaraan lainnya, karburator juga terdiri dari banyak sekali komponen. Dan salah satu komponen karburator adalah air bleeder. Fungsi air bleeder pada karburator ini membantu proses pencampuran bahan bakar dan udara menjadi maksimal.

Meskipun bentuknya hanya berupa saluran udara, namun perannya sangat penting dalam proses pembakaran dalam kendaraan. Maka dari itu, keberadaannya sangat penting dan cukup vital. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang fungsi dan cara kerja air bleeder di dalam karburator.

Fungsi Air Bleeder pada Karburator

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi air bleeder adalah membuat bahan bakar bensin dan udara dapat menyatu. Proses penyatuan dua unsur ini terjadi ketika sebeluk keluar dari bagian main nozzle. Ap aitu main nozzle?

Main nozzle adalah komponen karburator mobil yang berfungsi memancarkan bahan bakar kendaraan. Bagian ini biasa ditemukan pada sebuah karburator dengan tipe venturi. Selain itu, main nozzle juga memiliki tinggi yang sama dengan permukaan bahan bakar yang ada di dalam bak pelampung.

Tidak hanya sampai situ saja. Setelah udara dan bensin yang menyatu tadi keluar dri main nozzle, campuran tersebut akan bercampur lagi dengan udara. Dengan begitu, wujud bahan bakar semakin kecil dan bakal mempermudah proses pembakaran.

Jika Anda penasaran dengan letak salah satu komponen karburator yang satu ini, air bleeder terletak di bagian paling kanan pada ruangan pelampung. Lantas, bagaiaman cara kerja air bleeder dalam proses pembakaran?

Cara Kerja Air Bleeder

Setelah Anda mengetahui fungsi dari air bleeder, tidak lengkap rasanya jika belum mengetahui cara kerjanya. Nah, cara kerja air bleeder di karburator adalah untuk menyemprotkan udara ke bahan bakar sehingga keduanya menyatu. Meski cara kerjanya sangat sederhana, namun proses ini sangat penting dalam terjadinya pembakaran di dalam mesin.

Hal tersebut dapat terjadi ketika terdapat tekanan di dalam ruangan pelampung dan tekanan tersebut lebih besar daripada tekanan pada main nozzle. Nah, tekanan yang ada pada main nozzle akan menurun ketika throttle valve terbuka dan membuat udara melewati ventury dengan cepat.

Cara kerja air bleeder pada karburator
Cara kerja air bleeder pada karburator, Source : PinHome.id

Apa itu throttle valve? Throttle valve adalah komponen karburator yang bertugas untuk mengatur seberapa besar campuran udara yang dapat masuk ke dalam ruang bakar. Selain itu, komponen ini bekerja secara beriringan dengan main jet.

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahan bakar bensin yang ada pada kendaraan akan dicampur dengan udara sebanyak dua kali. Hal ini membuat unsur bahan bakar akan terpecah atau teratomisasi. Dengan berubahnya bahan bakar menjadi partikel yang lebih kecil, membuat proses pembakaran menjadi lebih mudah.

Jadi, jika dilihat tugas air bleeder memang tampak sederhana. Namun dampak dari adanya komponen yang satu ini memang sangat penting.

Seberapa Penting Air Bleeder?

Keberadaan air bleeder sangatlah penting. Hal ini karena udara yang bersih menjadi salah satu syarat terjadinya proses pembakaran. Seperti yang sudah Anda ketahui, api tidak dapat hidup dalam ruangan kedap udara. Meskipun serangkaian mesina yang ada pada mobil tampaknya tertutup, namun terdapat saluran udara yang bertugas dalam memasukan udara ke dalam mesin.

Dan keberadaan air bleeder akan membantu udara tersebut masuk ke dalam mesin lalu ke ruang pembakaran. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan perawatan pada saluran udara mesin mobil agar kendaraan tidak susah distarter.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai fungsi air bleeder. Nantikan artikel kami selanjutnya dan semoga bermanfaat

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W