Apa Itu Honda Sensing, Fitur Terbaru di Mobil

Apa Itu Honda Sensing, Fitur Terbaru di Mobil

Otomotips.com – Mungkin Anda sering mendengar kata Honda Sensing pada akhir-akhir ini, apakah Anda mengetahui apa itu honda sensing? Buat Anda yang belum mengetahui harus membaca artikel ini sampai habis ya agar bisa mendapatkan informasi mengenai honda sensing.

Honda sensing bisa diartikan sebagai fitur yang berfungsi untuk keselamatan dengan menggunakan cara canggih yang bisa mengantisipasi potensi jika pengemudi mengalami kecelakaan mobil pada saat mengendarai mobil di jalan. Fitur ini juga bisa menjadi langkah pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan.

Dengan begitu pengemudi bisa melakukan perjalanan dengan nyaman dan juga aman. Namun, tidak semua mobil terdapat fitur sensing ini. Ada beberapa mobil yang sudah menggunakan fitur ini antara lain Honda Accord, All New Honda Civic RS, Honda CRV, All New Honda BR-V, Honda Odyssey.

Jika Anda ingin membeli mobil dengan beberapa jenis yang sudah disebutkan. Selain mengetahui apa itu honda sensing, tentunya harus mengetahui juga bagaimana cara dari honda sensing ini. Honda terdapat sistem yang mempunyai 2 jenis sensor dengan menggunakan karakteristik yang berbeda-beda.

Pada sensor yang pertama yaitu adalah Millimeter-Wave Radar yang terdapat di Front Grill Mobil. Kemudian untuk sensor keduanya yaitu Monocular Camer yang mana dipasang pada bagian dalam yaitu di kaca depan mobil.

Untuk cara kerja Millimeter-Wave Radar yaitu dengan memperluas ruang lingkup yang ada untuk dapat mendeteksi pejalan kaki yang mana sebelumnya dianggap menjadi objek yang sulit dideteksi oleh Radio Wave Reflection.

Sedangkan Monocular Camera mempunyai tugas yaitu mengidentifikasi atribut dan ukuran untuk pejalan kaki. Tidak hanya itu, ditambah lagi dengan adanya objek lain dalam jarak yang bisa dideteksi yaitu sekitar 60 meter berada di depan mobil.

Dengan adanya fitur canggih ini dalam teknologi berkendara otonom bisa menjadi lebih maju, hal ini dikarenakan fitur ini bisa membantu para pengendara ketika berkendara dan juga menjaga agar tetap aman, mencegah terjadi kecelakaan dengan cara mandiri yang juga dibantu oleh beberapa fitur lain yang ada pada honda sensing. Ada beberapa fiturnya antara lain:

Fitur Collision Mitigation Brake System (CBMS)

Fitur yang satu ini dirancang agar dapat mengurangi tingkat kekerasan apabila telah terjadi kecelakaan. Perlu diingat bahwa fitur CBMS ini tidak bisa mencegah adanya tabrakan atau bisa menghentikan mobil secara otomatis. Namun, setidaknya ketika hendak terjadi tabrakan CBMS dapat memberikan tanda sehingga bisa membantu dalam mengurangi kecepatan berkendara.

Adaptive Cruise Control (ACC) With Low-Speed Follow

Selanjutnya yang terdapat pada honda sensing adalah fitur AC. Fitur ini dapat digunakan untuk membantu dalam menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan juga dapat mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi ada di depan. Tidak hanya itu, ACC ini juga membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan tanpa perlu menginjak rem atau gas.

Lane Keeping Assist System (LKAS)

Fitur LKAS ini mempunyai fungsi yaitu bisa membantu pengendara untuk bisa menjaga kendaraan agar tetap ada di jalur yang terdeteksi dan juga memberikan sebuah getaran visual jika mobil tersebut keluar dari jalur.

Dengan beberapa pengertian dan fitur yang ada di dalam honda sensing, tentunya hal ini bisa menjawab pertanyaan apa itu honda sensing yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Jika Anda merasa ingin membeli mobil yang terdapat honda sensing, pastikan Anda membeli jenis mobil yang sudah disebutkan di atas.

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W