Ini Alasan Tidak Boleh Main HP di Pesawat, Wajib Dicatat!

Ini Alasan Tidak Boleh Main HP di Pesawat, Wajib Dicatat!

Otomotips.com – Jika Anda sering menggunakan alat transportasi ini tentu mengetahui alasan tidak boleh main hp di pesawat. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan para penumpang. Umumnya, transportasi moda udara yang satu ini memang mempunyai aturan yang sangat ketat.

Selain itu, keamanan akan mendapatkan perhatian ekstra pasca menginjakkan kaki ke bandara. Senada dengan hal tersebut, barang bawaan Anda baik berupa ransel maupun koper akan melalui mesin x-ray. Sementara itu, Anda selaku pemilik barang tersebut akan berjalan melalui metal detector.

Tidak hanya itu, bahkan ada beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat. Peraturan ini tentu harus dipatuhi oleh semua penumpang yang akan melakukan penerbangan.

Alasan Tidak Boleh Main HP di Pesawat

Umumnya, semua pesawat terbang juga akan memberikan peraturan yang sama yaitu tidak boleh main hp di pesawat. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa main hp di pesawat tentu akan membahayakan penumpang pesawat tersebut.

Tidak hanya itu, bahkan peraturan ini juga dapat menunjang keselamatan seluruh penumpang pesawat. Makannya peraturan tersebut ekstra ketat dan sangat banyak.

Pasalnya, ketika dalam pesawat kita dilarang menggunakan ponsel yang terhubung dengan jaringan seluler. Hal ini diutarakan oleh FAA atau Federal Aviation Administration bahwa melarang penggunaan hp di pesawat merupakan peraturan yang sudah lama didirikan. Dimana, hp yang terhubung dengan jaringan seluler akan mengganggu navigasi sistem serta komunikasi pesawat.

Akan tetapi, pada tahun 2013 FAA justru sedikit melonggarkan peraturan tersebut. Dimana penumpang masih bisa main hp di pesawat asalkan perangkat lunak tersebut dialihkan ke mode pesawat. Hal ini juga dipercaya bahwa pesawat tidak akan kehilangan sinyalnya meskipun ada banyak yang mengoperasikan hp ketika penerbangan.

Penggunaan hp dalam mode pesawat juga tidak akan mendapatkan sinyal digital, tidak bisa mengakses internet, serta tidak bisa menerima pesan maupun panggilan. Akan tetapi, mengakses bluetooth serta Wi-Fi masih bisa dilakukan karena aksesnya terpisah.

Perlu Anda ketahui, bahwa FAA pertama kali meluncurkan peraturan tidak boleh menggunakan hp dalam pesawat yaitu pada tahun 1991 silam. FAA juga memberikan pengertian kepada penumpangnya bahwa penggunaan data seluler dalam pesawat akan mengganggu jaringan komunikasi pada pesawat.

Selain itu, IEEE Spectrum 2006 juga menguatkan peraturan yang diutarakan oleh FAA. IEEE Spectrum juga memberikan alasan yang sama perihal peraturan tersebut.

Pendapat yang Berbeda

Berbeda halnya dengan Radio Technical Commission for Aeronautics (RTCA) yang telah melakukan penelitian pada tahun 1992 perihal penggunaan HP dalam pesawat. RTCA menyebutkan bahwa tidak menemukan gangguan dan lain sebagainya tentang main HP di pesawat.

Bahkan, RCTA merekomendasikan agar peraturan tersebut dihilangkan. Secara terang-terangan, RCTA juga mengutarakan pendapatnya untuk mengizinkan penggunaan laptop, bermain game, serta mendengarkan musik ketika penerbangan.

Meskipun belum ada berita kecelakaan pesawat yang diakibatkan oleh penggunaan data seluler dalam hp, namun kita wajib mematuhi aturan tersebut sebagai antisipasi. Selain itu, penggunaan perangkat lunak juga akan memancarkan transmisi elektromagnetik. Hal inilah yang dikhawatirkan karena bisa mengganggu jaringan sistem navigasi pada pesawat.

Namun, Anda masih bisa menggunakan hp di pesawat dengan mengaktifkan fitur airplane mode. Selain menjaga keselamatan, fitur ini juga membantu Anda untuk menghemat daya atau baterai hp.

Itulah alasan tidak boleh main hp di pesawat yang perlu Anda ketahui. Sebagai traveller yang bertanggung jawab tentu Anda harus mematuhi semua peraturan dari maskapai penerbangan.

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W