Arti Kode Transmisi Matic
Source : Hyundaimobil.co.id

8 Arti Kode Transmisi Matic Pada Mobil

Sekarang sudah banyak kendaraan keluaran terbaru yang memiliki pilihan transmisi matic atau otomatis. Banyak yang berpendapat bahwa dengan adanya kode transmisi ini lebih memudahkan pengemudi. Tentu saja Anda harus paham arti kode transmisi matic.

Hal ini sangat tepat bagi Anda yang baru mengemudikan mobil karena transmisi matic biasanya terdapat angka dan huruf. Akan tetapi apabila menggunakan mobil manual maka tidak ada kode berupa angka dan huruf.

Arti Kode Transmisi Matic

Tentu saja setiap kode memiliki artinya masing-masing yang harus Anda ketahui. Hal ini adalah agar aman ketika mengendarai mobil. Dibawah ini ada kode transmisi mobil matic lengkap beserta artinya.

1. Shift Lock

Kode transmisi pertama adalah shift lock yang berfungsi untuk membantu mobil yang akan parkir secara paralel. Cara menggunakannya tinggal menekan tombol shift lock tersebut kemudian pindahkan tuas transmisi dari P ke N.

Ketika akan menggunakan fitur shift lock ini pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan jalan tersebut itu rata, tidak menurun, dan tidak menanjak. Alasannya fitur ini hanya bisa digunakan di jalanan yang permukaannya rata.

2. +/-

Arti kode transmisi matic tanda plus dan minus berarti transmisinya dapat digunakan secara manual. Jadi Anda dapat mengatur posisi gigi berapa yang akan digunakan. Fitur ini juga dilengkapi dengan teknologi yang tidak akan membuat mobil over rev ketika gigi diturunkan.

Selain itu beberapa mobil jenis sport atau mobil premium terdapat paddle shift yang berada di area lingkar kemudi. Fungsi dari paddle shift adalah memudahkan pengemudi dalam mengatur posisi gigi.

BACA JUGA :  5 Fungsi Ring Piston Pada Kendaraan Motor atau Mobil

3. O/D (Overdrive)

Fitur berikutnya yang ada pada mobil matic adalah Overdrive atau disingkat O/D. Apabila Anda menekan tombol Overdrive dan jika sudah menyala, itu artinya transmisi dapat bekerja dan tidak menggunakan gigi.

Buat mobil dengan 4-percepatan, transmisi hanya dapat bekerja sampai rasio gear ketiga saja. Tidak hanya itu, fitur Overdrive juga memiliki kegunaan untuk memudahkan pengemudi apabila ingin menyalip kendaraan lain di jalan tol.

4. 1/L atau Low

Fitur berikutnya adalah Low atau yang disingkat dengan 1/L. Arti kode transmisi matic Low ini adalah digunakan untuk membantu mobil melewati jalanan menanjak atau yang lebih curam. Ada juga beberapa mobil yang menyediakan transmisi otomatis 1, 2, dan 3.

Berdasarkan penjelasan dari seorang pemilik bengkel mobil Worner Matic yaitu Hermas Efendi Prabowo angka 1 sampai 3 itu menunjukkan gigi yang bisa digunakan dalam mode manual.

5. 2/S atau Second

Fitur berikutnya yang juga terdapat pada transmisi mobil adalah 2/S atau second. Adapun arti kode transmisi matic ini digunakan apabila mobil sedang melewati jalanan yang menanjak seperti pegunungan, akan tetapi tanjakan yang dilewati tidak terlalu curam.

Adapun penjelasan mengenai angka 2 tersebut adalah bahwa ketika melewati jalanan menanjak tersebut hanya bisa menggunakan sampai gigi dua saja.

6. D atau Drive

Kemudian terdapat juga fitur lain yaitu Drive yang dilambangkan dengan huruf D. Drive berarti mobil dapat digunakan dalam jalanan dengan permukaan yang datar atau normal. Anda bisa menggunakan fitur D ini di jalan raya.

7. Neutral

Arti kode transmisi matic neutral yang disingkat N adaah mobil sedang dalam posisi diam, neutral juga terdapat pada mobil manual.

8. R dan P

R berarti reserve yang artinya mobil akan dijalankan dalam posisi mundur yang juga sama dengan mobil manual. Adapun p artinya adalah parking untuk mengunci transmisi ketika hendak memarkirkan kendaraan.

BACA JUGA :  Inilah 8 Aplikasi GPS Terbaik untuk Penunjuk Arah Saat Bepergian

Sebagai pengemudi mobil matic penting untuk tahu arti kode transmisi matic di atas. Hal ini berguna untuk menjaga keselamatan Anda selama dalam perjalanan. Semua fitur di atas dibuat juga demi kenyamanan pengemudi.