Penyebab Lampu Interior Mobil Menyala Terus

Penyebab Lampu Interior Mobil Menyala Terus

Otomotips.com – Terdapat berbagai macam lampu yang ada pada mobil. Dan salah satu lampu yang keberadaannya cukup penting adalah lampu interior mobil. Ya, lampu ini berfungsi menerangi kabin mobil ketika malam. Namun, sama seperti komponen lainnya, lampu interior mobil dapat mengalami masalah berupa menyala terus menerus. Maka, penyebab lampu interior mobil menyala terus perlu diketahui.

Hal ini menjadi masalah karena biasanya lampu ini akan otomatis mati ketika pintu mobil dalam keadaan tertutup. Mengemudikan mobil dalam keadaan lampu interior menyala pun kurang nyaman juga. Maka, berikut adalah sederet mengapa lampu interior mobil tidak dapat mati.

Penyebab Lampu Interior Mobil Menyala Terus

Saklar Lampu Interior Mobil Rusak

Salah satu alasan mengapa lampu yang ada di dalam mobil tidak mau mati adalah saklar lampu yang sudah rusak. Ya, meskipun biasanya lampu ini menyala dan mati ketika pintu mobil terbuka dan tertutup, tetap saja pihak produsen menyediakan saklar agar dapat menghidup dan mematikan lampu secara manual.

Hal ini disebabkan oleh saklar yang sudah bengkok dan tidak elastis lagi sehingga plat terus menempel dan menyebabkan listrik terus mengalir. Nah, untuk memastikan hal ini, Anda bisa memeriksanya sendiri dengan mudah.

Namun, tetap saja perlu rasa hati-hati yang ekstra karena berpotensi dapat menyebabkan short dan berakibat fatal.

Door Switch Mobil Rusak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lampu interior mobil akan mati secara otomatis ketika pintu tertutup. Maka dari itu, jika ketika pintu sudah tertutup namun lampu tetap menyala, bisa jadi bagian door switch mobil Anda mengalami kerusakan.

Door switch ini biasanya terletak di samping pilar pintu yang memicu terjadinya lampu mati atau menyala secara otomatis. Perlu Anda ketahui bahwa untuk mengoperasikan lampu interior mobil ini, terdapat 3 mode, yaitu on, off dan auto.

Nah, untuk mode auto yang membuat lampu bisa menyala dan mati secara otomatis sesuai dengan posisi pintu. Jika Anda ingin memastikan apakah kerusakan door switch adalah penyebabnya, Anda bisa mencoba setiap door switch secara satu per satu.

Cukup dengan menekan tombolnya berulang kali sambil memperhatikan respon lampu kabin mobil tersebut. Coba hal ini pada seluruh pintu mobil, mulai dari depan hingga bagasi.

Modul Lampu Interior Mobil Error

Modul lampu kabin error adalah salah satu penyebab lampu interior mobil menyala terus. Jika memeriksa rangkaian elektronik mobil keluaran terbaru, pengaturan lampu kabin dan perangkat eletronik lainnya disatukan dengan menggunakan modul elektronik.

Salah satu modul eletronik yang cukup populer adalah milik Mitsubishi Xpander yang bernama ETACS atau Electronic Time and Control Alarm System. Modul milik Mitsubishi Xpander ini dapat digunakan untuk modifikasi dan pengaturan untuk beberapa komponen elektronik, seperti door lock, lampu sen, lampu kabin, headlamp dan lainnya.

Jika Anda sudah mencoba langkah pertama dan kedua namun tetap tidak ditemukan sumber masalahnya, bisa jadi modul elektronik mobil Anda yang mengalami masalah. Sayangnya, untuk memastikan kebenarannya Anda membutuhkan alat scanner yang ada pada dealer resmi.

Jika Anda mengalami hal ini pada malam hari, coba lakukan pelepasan sekring lampu mobil. Hal ini berguna untuk memutus arus listrik dan membuat lampu interior mobil mati. Dengan solusi sementara ini, perjalanan Anda pun akan nyaman.

Nah, demikianlah artikel kami mengenai penyebab lampu interior mobil menyala terus. Nantikan artikel soal otomotif lainnya hanya ada di Otomotips.com

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W