Daftar Jenis Kunci Busi serta Ukuran-ukurannya

Daftar Jenis Kunci Busi serta Ukuran-ukurannya

Otomotips.com РKunci busi adalah salah satu perangkat penting dalam kendaraan bermotor yang digunakan untuk memasang dan melepas busi pada mesin. Meskipun kecil, kunci busi sangat vital untuk menjaga kinerja mesin kendaraan tetap optimal. Namun, dengan berbagai jenis kunci busi yang tersedia di pasaran, mungkin sulit bagi banyak orang untuk menentukan jenis  yang tepat untuk kendaraan mereka.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan pembahasan terkait daftar jenis kunci busi yang bermacam-macam, serta ukuran-ukuran kunci busi yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilih kunci busi yang tepat untuk kendaraan Anda dan merawatnya dengan baik untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Cara Membersihkan Busi

Busi yang bersih adalah salah satu faktor kunci yang perlu diperhatikan untuk menjaga kinerja mesin kendaraan tetap optimal. Sebab, busi yang kotor dapat mempengaruhi kinerja mesin dan bahkan menyebabkan kerusakan pada sistem yang ada pada motor. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk membersihkan busi secara teratur.

Berikut adalah langkah dan cara yang tepat untuk membersihkan busi;

  1. Pertama, menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan busi seperti; jenis kunci busi serta ukuran yang cocok, kain lap, puller gauge, dan sikat kawat.
  2. Kedua, melepaskan cop busi secara hati-hati dengan cara menariknya.
  3. Ketiga, melepaskan busi dengan jenis kunci busi yang telah disiapkan dengan cara memutarnya berlawanan dengan jarum jam.
  4. Keempat, membersihkan bagian elektroda busi dengan sikat kawat.
  5. Kelima, menyetel renggang elektroda busi dengan puller gauge kira-kira dengan jarak antara 0,7 sampai 0,8 mm.
  6. Keenam, memeriksa percikan api yang dihasilkan oleh busi yang telah dibersihkan.
  7. terakhir, pasang kembali busi dan cop busi pada keadaan semula.

Terkadang, sebagian orang membersihkan busi menggunakan bensin dan amplas. Padahal hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk, amplas yang digunakan untuk membersihkan busi bisa saja malah mengakibatkan kerusakan pada kepala busi, sedangkan bensin juga bisa mengakibatkan terciptanya kerak kotoran pada busi yang akan sangat sulit untuk dibersihkan pada masa mendatang.

Ciri-ciri Busi yang Perlu Diganti

Sama halnya dengan komponen-komponen kendaraan lainnya, busi yang ada pada motor juga perlu diganti ketika sudah tiba waktu untuk menggantinya. Umumnya, pengantian busi dilakukan setiap jarak tempuh motor telah mencapai 6.000 km. Namun, selain itu juga pemilik motor bisa melihat tanda-tanda busi yang perlu diganti.

Berikut adalah ciri-ciri busi yang memasuki waku untuk mengantinya;

Mobil Sulit Untuk Dinyalakan

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu fungsi busi adalah menciptakan percikan api yang dibutuhkan untuk pembakaran. Apabila kondisi busi telah menurun, maka percikan api akan mengecil dan menyebabkan mobil sulit untuk dinyalakan.

Tarikan Motor Kurang Bertenaga

Dalam sebuah mesin motor, terdapat beberapa elemen yang menjadikan motor bekerja dengan baik diantaranya yaitu; udara, bahan bakar, dan juga percikan api yang diperoleh dari busi. Jika sebagian diantaranya tidak berjalan secara maksimal maka performa motor pun akan menurun.

Dengan melakukan penggantian busi secara teratur, Anda dapat memastikan kinerja mesin kendaraan tetap optimal dan mencegah kerusakan yang lebih besar pada mesin kendaraan.

Jenis-Jenis Kunci Busi Pada Motor

Sebelum melihat jenis-jenis ukuran busi, mari kita simak beberapa jenis kunci busi yang telah ada di pasaran. Dengan mengetahui itu, Anda bisa memilih jenis kunci busi yang cocok untuk kendaraan motor Anda.

Jenis Kunci Busi Model Pipa

Jenis kunci busi yang pertama adalah model pipa. Modal ini bisa disebut yang paling standar sebab kerap diberikan oleh pabrikan sebagai pelengkap produk secara Cuma-Cuma. Meskipun begitu, kunci jenis ini juga bisa dibeli di pasaran. Harganya pun termasuk murah, dengan kisaran Rp 10-15 ribuan.

Kunci busi semacam ini tergolong ringkas sebab bentuknya yang relatif kecil serta dilengkapi dengan busi batangan untuk membantu ketika menggunakannya.

Jenis Kunci Busi Model T

Selanjutnya adalah kunci busi model T. Sebagaimana namanya, jenis kunci busi model ini memiliki ganggangan yang menyerupai huruf T. Selain itu, ia memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga menjadikan kunci busi model ini cocok digunakan untuk motor-motor yang memiliki posisi busi menjorok ke dalam.

Jenis Kunci Busi Model Shock Ratchet

Jenis yang terakhir adalah model shock ratchet. Bisa dibilang kunci busi model ini masuk dalam kategori yang paling canggih, sebab dilengkapi dengan mekanisme Ratchet. Dengan itu proses pasang copot busi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan jenis kunci busi yang lainnya.

Daftar Ukuran Kunci Busi

Setelah membahas terkait cara membersihkan busi, ciri busi yang perlu diganti, hingga jenis kunci busi. Mengingat tidak sembarang ukuran busi cocok untuk sebgian motor, mungkin akan sangat penting untuk membahas tentang ukuran-ukuran busi juga. Variasi ukuran ini tentu saja disebabkan spesifikasi busi yang digunakan oleh motor berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar ukuran kunci busi;

Kunci Busi 16 Mm

Ukuran kunci busi yang satu ini cukup umum digunakan oleh motor bebek misalnya;, Honda Kharisma, Honda Supra, Yamaha Vega R. selain itu, biasanya motor matic juga menggunakan kunci busi dengan ukuran ini.

Kunci Busi 17 Mm

Sama seperti dengan ukuran 16 mm, kunci busi dengan ukuran 17 mm juga digunakan pada motor bebek dan juga matic.

Kunci Busi 19 Mm

Dengan diameter yang lebih besar dari pada jenis ukuran kunci busi sebelumnya, kunci busi ukuran 19 mm biasanya digunakan untuk busi pada motor sport.

Kunci Busi 21 Mm

Dan yang terakhir adalah kunci busi dengan ukuran 21 mm yang biasa digunakan pada motor yang memiliki mesin 2-tak.

Dari artikel ini, kita telah mempelajari tentang berbagai jenis kunci busi dan ukuran-ukurannya. Kunci busi merupakan alat yang penting untuk melakukan perawatan pada kendaraan kita. Dengan pemilihan kunci busi yang tepat dan perawatan yang baik, kendaraan dapat berjalan dengan lebih baik dan efisien.

Selain itu, memahami ukuran-ukuran kunci busi yang berbeda dapat membantu kita dalam memilih kunci busi yang sesuai untuk kendaraan kita. Jadi, jangan lupa untuk merawat kendaraan Anda dengan baik, sekian dari kami.

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W

hit counter