Bagian Penting Pesawat Terbang
Source : Pixabay.com

Ketahui 5 Bagian Penting Pesawat Terbang

Otomotips.com – Tidak seperti dulu, kini Anda dapat melakukan perjalanan dari kota ke negara asing hanya dalam beberapa jam. Ini sangat berbeda dengan jaman dulu yang butuh waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan untuk bisa sampai ke luar negeri.

Penghematan waktu ini karena adanya perkembangan teknologi, khususnya teknologi transportasi. Dan salah satu bentuknya adalah Pesawat Terbang. Tapi bagaimana sebuah pesawat bisa terbang tinggi ke udara meski dengan bobot yang sangat berat?

Berikut ini kami sajikan artikel tentang 5 bagian penting pesawat terbang yang membuat pesawat tetap bisa terbang tinggi ke udara meski dengan beban yang sangat berat dan  mampu membawa ratusan manusia.

5 Bagian Penting Utama Pesawat Terbang

Meskipun pesawat dirancang untuk berbagai keperluan, kebanyakan  dari mereka memiliki bagian utama yang sama. Sebagian besar struktur pesawat termasuk badan pesawat, sayap, ekor pesawat, landing gear, dan powerplant.

Badan Pesawat (Fuselage)

Badan pesawat adalah bagian utama yang terpenting dari sebuah pesawat dan dirancang untuk menampung awak, penumpang, dan kargo. Ini juga menyediakan beberapa bentuk struktural untuk perakitan sayap dan ekor. Jenis desain pesawat tertua menggunakan struktur rangka terbuka yang terbuat dari pipa kayu, baja, atau aluminium.

Sayap Pesawat (Wings)

Sayap adalah bagian aerodinamis yang dipasang di setiap sisi badan pesawat dan merupakan bagian penting pengangkat utama yang membuat pesawat bisa terbang tinggi di udara.  Ada banyak desain, ukuran, dan bentuk sayap yang digunakan oleh berbagai pabrikan. Masing-masing memenuhi kebutuhan tertentu mengenai kinerja yang diharapkan untuk pesawat tertentu.

Sayap dapat dipasang di bagian atas, tengah, atau bawah badan pesawat. Desain ini masing-masing dikenal sebagai brim tinggi, sedang, dan rendah. Jumlah sayapnya juga bisa bervariasi. Pesawat dengan satu set sayap dikenal sebagai monoplane, sedangkan yang memiliki dua set disebut biplane.

Ekor Pesawat (Empennage)

Ekor atau buntut pesawat terbang merupakan salah satu bagian terpenting dari pesawat terbang. Ekor pesawat juga disebut sebagai “empennage”, yang berasal dari bahasa Perancis untuk bulu dan anak panah. Ini karena bentuk empennage memang menyerupai bulu ekor sebuah burung.

Ekor pesawat digunakan untuk membelokkan pesawat ke kanan atau ke kiri. Dan mengontrol pesawat untuk naik ke atas atau turun ke bawah, lalu Anda dapat menyesuaikan ketinggian pesawat di udara. Selain itu, bagian belakang pesawat juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan black box pesawat, atau kotak hitam yang merekam semua kegiatan di pesawat.

Kotak hitam ditempatkan di bagian belakang pesawat karena bagian belakang pesawat paling kecil kemungkinannya untuk hancur akibat benturan.

Kokpit

Selain itu, kabin atau kokpit merupakan ruangan khusus yang biasanya terletak di bagian depan pesawat. Dari tempat inilah pilot dapat mengendalikan pesawat.

Kokpit terdiri dari instrumen penerbangan dan kontrol penerbangan yang memungkinkan pilot mengendalikan sebuah pesawat.

Roda Pesawat (Landing Gear)

Landing gear adalah penopang utama pesawat saat sedang parkir, take off, atau landing. Jenis roda pendaratan yang paling umum terdiri dari roda, tetapi pesawat juga dapat dilengkapi dengan pelampung untuk operasi air atau ski untuk mendarat di salju.

Roda pendaratan terdiri dari tiga roda, dua roda utama dan satu roda ketiga terletak di bagian depan atau belakang pesawat. Roda pendarat dengan roda yang dipasang di belakang disebut roda pendarat konvensional.

Demikianlah artikel kami mengenai 5 bagian penting pesawat terbang yang bisa kami sampaikan. Nantikan artikel kami selanjutnya dan semoga bermanfaat.