Apa Itu Gearbox Kapal? Berikut Penjelasan Lengkapnya

apa itu gearbox kapal

Otomotips.com – Apa itu Gearbox Kapal? Gearbox kapal adalah salah satu komponen penting dalam sistem propulsi kapal yang berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran mesin utama menjadi kecepatan putaran propeller yang sesuai. Secara sederhana, gearbox kapal dapat diibaratkan seperti transmisi pada mobil yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, peran gearbox kapal lebih kompleks karena harus mampu mengatasi beban yang sangat berat dan operasi yang terus menerus selama pelayaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu gearbox kapal, dan apa saja komponen-komponen dari alat tersebut.

Apa Itu Gearbox Kapal?

Apa itu gearbox kapal? Gearbox adalah sebuah alat yang memiliki kedudukan penting dalam sebuah kapal. Selain disebut sebagai gearbox, komponen kapal yang satu ini juga disebut sebagai transisi. Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk mengubah sebuah tenaga motor menjadi pemutar spindle mesin dengan gerakan feeding.

Selain itu. Gearbox pada sebuah kapal juga memiliki tugas utama untuk mangatur kecepatan gerak dan proses berbalik putaran kapal sekaligus torsi. Dengan kata lain, alat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam memaju mundurkan sebuah kapal saat dalam keadaan berlayar.

Apa Saja Komponen-Komponen Dari Gearbox Kapal?

Setelah membahas apa itu gearbox kapal, akan terasa tidak lengkap jika tidak juga dibahas komponen-komponen dari gearbox kapal. Gearbox kapal terdiri dari beberapa komponen yang bekerja untuk mengubah kecepatan putaran mesin utama menjadi putaran propeller yang sesuai. Beberapa komponen utama dari gearbox kapal antara lain:

Input Shaft

Input shaft juga dikenal sebagai poros input. Komponen ini adalah salah satu bagian utama dari gearbox kapal. Fungsinya adalah untuk menerima putaran dari mesin utama kapal dan mengirimkannya ke dalam gearbox. Poros input biasanya terhubung dengan mesin utama kapal melalui sebuah kopling yang dapat membantu dalam menghubungkan atau memutuskan hubungan antara poros input dan mesin utama kapal.

Poros input pada gearbox kapal biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja paduan atau besi tuang. Selain itu, poros input harus dirancang untuk menahan beban dan gaya torsi yang besar dari mesin utama kapal.

Dalam gearbox kapal, poros input akan berputar dengan kecepatan yang berbeda-beda tergantung pada posisi gigi yang sedang digunakan. Poros input ini akan meneruskan putaran mesin utama ke gigi-gigi pada gearbox. Kemudian menuju poros output yang akan menggerakkan propeller kapal.

Gear Shaft Housing

Gear shaft housing juga disebut sebagai casing poros gigi. Casing poros gigi ini adalah bagian dari gearbox kapal yang berfungsi untuk melindungi dan menopang poros gigi serta bantalan yang terdapat di dalamnya. Komponen ini akan menempel langsung pada badan gearbox. Menariknya, gear shaft housing biasanya terdiri dari beberapa bagian yang dapat dibongkar pasang saat perawatan atau perbaikan.

Selain berfungsi sebagai pelindung, casing poros gigi juga dapat membantu mengurangi kebisingan dan getaran yang dihasilkan oleh putaran poros gigi dalam gearbox kapal.

Main Shaft

Main shaft atau poros utama adalah salah satu komponen utama dari gearbox kapal yang berfungsi untuk menghubungkan poros output dari gearbox dengan propeller kapal.

Dengan mengetahui lebih banyak tentang apa itu gearbox kapal, para pembaca dapat memahami bagaimana alat ini bekerja dan menjaga agar sistem propulsi kapal dapat berfungsi dengan baik dan aman selama pelayaran.

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W