9 Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

9 Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa ke Bengkel

Otomotips.com – Terkadang masalah yang muncul ketika mempunyai mobil adalah adanya baret yang ada pada mobil. Masalah ini memang kerap terjadi kapan saja bahkan di mana saja, misalnya pada saat kendaraan diparkir, cakaran kucing atau ayam, tangan anak-anak yang jahil dan masih banyak lagi.

Tentunya hal tersebut bisa merusak penampilan pada mobil Anda, untuk cara menghilangkannya memang Anda bisa datang ke bengkel akan tetapi akan memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan baret mobil bisa dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.

Cara Menghilangkan Baret Mobil

Sebelum Anda melakukan cara untuk menghilangkan baret, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah mengenali terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari baret tersebut. Hal ini dikarenakan beda kondisi baretnya akan berbeda juga cara menghilangkannya. Ada 3 macam baret yang biasanya terjadi di mobil yaitu baret ringan, baret sedang dan juga baret dalam.

Baret Ringan Pada Mobil

Baret pertama yang biasanya terjadi pada mobil Anda adalah baret ringan, baret ini tergolong masih aman karena hanya goresan saja dan tidak merusak cat yang ada di mobil Anda. Goresan yang biasanya ada ketika terjadi baret ringan akan cenderung kecil dan tidak terlihat jelas. Penyebab hal ini biasanya adalah terkena benda yang mempunyai ujung tajam. Anda bisa menggunakan cara di ini:

Menggunakan Minyak Rem

Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan baret mobil adalah dengan menggunakan minyak rem saja. Siapa yang sangka minyak rem yang biasanya digunakan untuk rem ternyata bisa untuk menghilangkan baret.

Untuk caranya juga mudah, Anda tinggal menuangkan minyak rem secukupnya tersebut pada lap kering atau kanebo. Kemudian bisa langsung oleskan pada bagian mobil yang terkena goresan. Kemudian Anda bisa membersihkan bagian yang sudah dioleskan dengan menggunakan sedikit air dan lap dengan lap kering.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara selanjutnya yaitu bisa menggunakan pasta gigi. Selain bisa membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa menjadi bahan untuk menghilangkan baret ringan yang ada pada mobil Anda. Untuk caranya juga lumayan mudah, Anda hanya perlu menggunakan lap yang mempunyai permukaan lembut, kemudian basahi lap tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa mengoleskan pasta gigi ke permukaan lap tersebut secukupnya saja. Kemudian tinggal Anda gosokkan lap tersebut pada kondisi mobil yang terkena baret. Jangan lupa untuk menggosokkan lap dengan cara melingkar agar pasta gigi tersebut bisa merata pada semua bagian yang terkena baret.

Menggunakan Cairan Amonia

Cairan Amonia ternyata juga bisa untuk menghilangkan baret sedang yang ada pada mobil. Anda hanya perlu mencampurkan 15 ml cairan amonia dengan menggunakan setengah liter air bersih, kemudian aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur.

Langkah selanjutnya celupkan kain bersih yang mempunyai tekstur lembut ke dalam campuran yang sudah dibuat tadi. Gosokkan kain tersebut ke bagian mobil yang terkena baret, Anda bisa membiarkan cairan tersebut menyerap ke seluruh area yang terkena baret.

Baret Sedang Pada Mobil

Jenis baret atau goresan yang selanjutnya adalah baret sedang, jika mobil Anda terkena baret sedang akan terlihat jelas dan juga mengganggu tampilan pada mobil meskipun baret ini tidak merusak adanya cat di mobil. Baret ini biasanya disebabkan karena adanya gesekan dengan ranting pohon. Jika hal itu terjadi Anda bisa menggunakan beberapa bahan di bawah untuk menghilangkan baret:

Menggunakan Kompon

Bahan pertama yang bisa Anda pilih untuk menghilangkan baret pada mobil adalah dengan menggunakan kompon. Kompon sendiri merupakan krim dari bahan kimia yang dapat mengikis baret hingga goresan tersebut tidak terlihat sama sekali. Untuk jenis kompon ada 2 yang banyak dijual dipasaran yaitu kompon coklat dan juga kompon putih.

Namun, untuk menghilangkan baret lebih disarankan menggunakan kompon putih karena kompon ini lebih halus. Untuk caranya adalah siapkan kain bersih yang mempunyai tekstur lembut terlebih dahulu. Kemudian oles mobil yang terkena baret tersebut dengan menggunakan kain bersih yang sudah diberi kompon.

Anda bisa mengusapnya dengan satu arah secara merata agar baret yang ada pada mobil bisa hilang. Jika sudah Anda bisa membilas kompon tersebut hingga bersih, kemudian bisa mengaplikasikan produk wax mobil yang bisa membuat body mobil menjadi mengkilap. Untuk harga kompon adalah sekitar 50.000 sampai 300.000.

Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Mungkin banyak yang mengira bahwa obat nyamuk yang cair hanya bisa mengusir nyamuk saja. Namun, ternyata obat nyamuk ini bisa digunakan untuk menghilangkan baret yang ada di mobil. Cara melakukannya juga tergolong mudah yaitu dengan menuangkan obat nyamuk tersebut pada lap kering kemudian usapkan pada mobil yang baret.

Anda bisa mengoleskan obat nyamuk ini dengan menggunakan gerakan yang melingkar, usahakan sampai merata. Kemudian tunggu sekitar 20 detik, setelah itu baru bisa Anda bersihkan dengan menggunakan air bersih. Dengan begitu baret yang ada pada mobil akan hilang sampai tak terlihat lagi.

Menggunakan Amplas

Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan baret mobil selanjutnya dengan menggunakan amplas. Namun, tidak semua amplas bisa digunakan sebaiknya Anda memilih amplas P2000 atau juga bisa dengan amplas P2500. Hal ini dikarenakan amplas tersebut mempunyai kehaluas yang lumayan tinggi.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membasahi amplas tersebut. Kemudian amplas dengan pelan pada daerah yang terkena baret tersebut, jika sudah hilang dan dirasa sudah halus. Anda bisa menggunakan  finishing wax agar bisa meningkatkan warna cat yang ada pada mobil dan juga agar warna cat tersebut tidak hilang

Baret Dalam Pada Mobil

Baret yang dalam pada mobil ini merupakan goresan yang parah, hal ini dikarenakan sudah bisa merusak lapisan yang ada pada cat mobil Anda. Baret ini banyak disebabkan karena mobil pernah mengalami kecelakaan yang mana bisa membuat lapisan dalam mobil tersebut bisa rusak bahkan juga hancur.

Tidak hanya itu, bahkan mobil juga ada bagian yang penyok. Jika hal ini terjadi, Anda harus memperbaiki penyok tersebut terlebih dahulu kemudian bisa melakukan cara menghilangkan baret mobil.

Untuk membuat bagian penyok kembali seperti asalnya bisa menggunakan air mendidih, pengering rambut atau bahkan juga bisa dengan plunger. Hal ini juga tergantung seberapa penyok mobil tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan baret mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel. Selain memudahkan, cara yang ada di atas juga tidak membuat Anda mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghilangkan baret di mobil. Jika Anda ingin cara yang lebih praktis lagi, Anda bisa melakukan pengecatan ulang pada mobil yang terkena baret tersebut.

You May Also Like

About the Author: Luthfi Anggoro W

hit counter